Home » Penyuluhan

1. Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, pusat-pusat unggulan pengabdian masyarakat juga dibentuk di level universitas berupa YARSI save vision, YARSI TB care, YARSI relief agency (YARA), HIV/AIDS dan studi kependudukan dan gender.

Hal ini diimplementasikan dengan pelibatan aktif dosen-dosen FKUY dalam aktifitas pengabdian masyarakat dan dalam pengajuan hibah pengabdian baik untuk pendanaan internal maupun eksternal yang disesuaikan dengan topik unggulan YARSI.

Daerah binaan untuk pengabdian masyarakat juga ditetapkan yaitu di Tanjung Pasir dan sekitar Cempaka Putih.

Implementasi pengabdian masyarakat juga diarahkan untuk membantu syiar Islam sesuai dengan visi misi YARSI seperti pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan UKM, penyediaan air bersih, meningkatkan perekonomian masyarakat, khitanan massal, penyuluhan makanan dan bahan kosmetik halal. Hasil dari kegiatan yang bermutu diatas akan mendukung prodi kedokteran FKUYdiakui secara eksternal dengan akreditasi yang terbaik.



2. Depatemen Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan secara rutin pada daerah binaan Tanjung pasir, Tangerang, seperti penyuluhan tentang air bersih dan sehat, jamban sehat, cara mencuci tangan yang baik dan benar, penyakit Degeratif, pemeriksaan kesehatan, bahaya rokok, penyakit fecal oral dan gizi seimbang.

 


Warga binaan juga diajarkan membuat kompos dari sampah organik. Tarbiyah Islamiyyah mahasiswa rutin melakukan kegiatan pembagian mus’af Al Quran kemasjid-masjid, pemberian bantuan ke yatim piatu, dan pemotongan hewan qurban, serta tausiyah rutin setiap tahun, lomba Tilawah Quran dan MHQ (Hapalan Quran)danBaksos juga kerap dilakukan oleh senat setiap tahun berupa sunatan massal dan pengobatan, hal ini juga mengasah kemampuan mahasiswa dalam melakukan sirkumsisi dimana mahasiswa tersebut sebagai asisten dokter, diikuti penyuluhan ke karang taruna dan keluarga sekitar.


3. Departemen Penelitian melakukan seminar-seminar rutin setiap tahun mengenai kesehatan, pelatihan penulisan proposal oleh sekretaris senat melalui diskusi antar mahasiswa.